1.1 Inovasi
Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang
sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
Inovasi mempunyai 4 (empat) ciri yaitu :
· Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi
memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk
kemungkinan hasil yang diharapkan.
· Memiliki ciri atau unsur kebaruan, dalam arti suatu
inovasi harus memiliki karakteristik sebagai sebuah karya dan buah pemikiran
yang memiliki kadar Orsinalitas dan kebaruan.
· Program inovasi dilaksanakan melalui program yang
terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang
yang tidak tergesa-gesa, namun keg-inovasi dipersiapkan secara matang dengan
program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
· Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program
inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah
dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
Sifat Perubahan Dalam Inovasi Ada 6 Kelompok Yaitu :
1. Penggantian (substitution)
Misalnya : Inovasi dalam penggantian jenis sekolah,
penggantian bentuk perabotan, alat-alat atau sistem ujian yang lama diganti
dengan yang baru.
2.
Perubahan (alternation)
Misalnya : Mengubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas
mengajar, ditambah dengan tugas menjadi guru pembimbing dan penyuluhan /
mengubah kurikulum sekolah yang semula bercorak teoretis akademis menjadi
kurikulum dan mata pelajaran yang berorientasi bernuansa keterampilan hidup
praktis.
3.
Penambahan (addition)
Misalnya : Adanya pengenalan cara penyusunan dan analisis
item tes objektif di kalangan guru sekolah dasar dengan tidak mengganti atau
mengubah cara-cara penilaian yang sudah ada.
4.
Penyusunan kembali (restructturing)
Misalnya : Upaya menyusun kembali susunan peralatan, menyusun
kembali komposisi serta ukuran dan daya tampung kelas, menyusun kembali urutan
mata-mata pelajaran / keseluruhan sistem pengajaran, sistem kepangkatan, sistem
pembinaan karier baik untuk tenaga edukatif maupun tenaga administratif, teknisi,
dalam upaya perkembangan keseluruhan sumber daya manusia dalam sistem
pendidikan.
5.
Penghapusan (elimination)
Contohnya : Upaya menghapus mata-mata pelajaran tertentu
seperti mata pelajaran menulis halus, atau menghapus kebiasaan untuk senantiasa
berpakaian seragam
6.
Penguatan (reinforcement)
Misalnya : Upaya peningkatan atau pemantapan kemampuan tenaga
dan fasilitas sehingga berfungsi secara optimal dalam permudahan tercapainya
tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.