PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau lebih
dikenal dengan sebutan Pelindo 3 merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan. Perusahaan
dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun
1991 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Pelabuhan III Menjadi
Perusahaan Perseroan (Persero). Peraturan tersebut ditandatangani oleh Presiden
Ke-2 Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 19 Oktober 1991. Selanjutnya,
pembentukan Pelindo 3 dituangkan dalam Akta Notaris Imas Fatimah, S.H.,
Nomor: 5, tanggal 1 Desember 1992 sebagaimana telah mengalami beberapa kali
perubahan hingga perubahan terakhir dalam Akta Notaris Yatiningsih, S.H, M.H.,
Nomor: 72, tanggal 10 Juli 2015.
Sebagai operator terminal pelabuhan, Pelindo 3
mengelola 43 pelabuhan dengan 16 kantor cabang yang tersebar di tujuh propinsi
di Indonesia meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa
Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Keberadaan Pelindo 3
tak lepas dari wilayah Indonesia yang terbentuk atas jajaran pulau-pulau dari
Sabang sampai Merauke. Sebagai jembatan penghubung antar pulau maupun antar
negara, peranan pelabuhan sangat penting dalam keberlangsungan dan kelancaran
arus distibusi logistik. Pelayanan terbaik dan maksimal merupakan komitmen
Pelindo 3 untuk mejaga kelancaran arus logistik nasional. Komitmen itu tertuang
dalam visi perusahaan Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa
Pelabuhan yang Prima. Mendukung visi tersebut, Pelindo 3 menetapkan
strategi-strategi yang dituangkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan
(RJPP) yang dievaluasi setiap 4 (empat) tahun sekali.
Perangkat lain yang mendukung Pelindo 3 dalam meraih
visi dan misi perusahaan adalah penghayatan nilai-nilai Budaya Perusahaan.
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, mengutamakan kepuasan
pelanggan adalah menjadi prioritas. Customer Focus menjadi budaya perusahaan
yang pertama harus tertanam dalam diri setiap insan Pelindo 3, dilanjutkan oleh
Care dan budaya perusahaan yang ketiga adalah Integrity. Kini, Pelindo 3
menjadi salah satu BUMN besar di Indonesia dengan tingkat jumlah aset yang
meningkat setiap tahunnya. Pelindo 3 juga menjadi segelintir BUMN yang memasuki
pasar global. Hal ini membuktikan bahwa Pelindo 3 memiliki daya saing yang
tinggi dan menjadi perusahaan berkelas internasional
VISI DAN MISI PT. PELINDO III
VISI
Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa
Pelabuhan yang Prima
MISI
1.
Menjamin
penyediaan jasa pelayanan prima melampaui standar yang berlaku secara konsisten;
2.
Memacu
kesinambungan daya saing industri nasional melalui biaya logistik yang
kompetitif;
3.
Memenuhi harapan
semua stakeholder melalui prinsip kesetaraan dan tata kelola perusahaan
yang baik;
4.
Menjadikan SDM
yang berkompeten, berkinerja handal, dan berpekerti luhur;
5. Mendukung perolehan devisa negara dengan memperlancar arus perdagangan.
BUDAYA PERUSAHAAN
Pelindo 3 menetapkan Budaya Perusahaan dengan tiga
nilai inti utama yang menjadi pedoman bagi seluruh insan Pelindo 3 dalam
menjalankan perusahaan. Budaya Perusahaan dimaksud adalah sebagai berikut:
1.
Customer Focus
Melayani: Melayani pelanggan secara inovatif
sehingga memuaskan pelanggan dan tak bisa ditiru pesaing, beinteraksi dengan
ramah, santun, dan hormat serta proaktif dalam mengidentifikasi kebutuhan serta
keinginan pelanggan. Bila pelanggan ada keluhan, insan Pelindo 3 menanganinya
secara responsif dan profesional.
Tangguh: Insan Pelindo 3 bersikap tangguh
baik dalam rangka melayani maupun menangani keluhan pelanggan dengan rasa
percaya diri serta tegas dalam menjalankan sistem dan prosedur yang ada.
Bersikap sabar dalam berinteraksi, tekun dan bekerjasama dengan pelanggan
sehingga kepuasan pelanggan tercapai. Insan Pelindo 3 selalu melakukan
perbaikan berkelanjutan terhadap pelayanan yang telah dilakukan.
2.
Care
Peka: Insan Pelindo 3 peka terhadap
perubahan keinginan pemangku kepentingan (stakeholder) dan
permasalahan lingkungan hidup, karena selalu tanggap akan situasi yang terjadi
di sekitarnya. Selain itu, insan Pelindo 3 selalu berinisiatif untuk menjadi
yang terdepan dalam kepedulian kepada pemangku kepentingan dan lingkungan
melalui proses belajar berkelanjutan.
Sigap: Insan Pelindo 3 selalu sigap yakni
dengan siap sedia menjalankan tugas, cekatan dalam menyelesaikan permasalahan
yang terjadi, dan tangkas dalam melakukan tindakan nyata. insan Pelindo 3 mampu
memberi solusi terkait permasalahan yang muncul baik dalam lingkungan usaha
maupun lingkungan hidup.
3.
Integrity
Disiplin: Insan Pelindo 3 disiplin dalam
menjalankan tugasnya karena taat aturan, jujur, adil dan terbuka, serta
konsisten baik dalam setiap ucapan maupun tindakan.
Tanggung jawab: Insan Pelindo 3 melaksanakan
tugas dengan penuh tanggung jawab, baik dari segi hasil maupun proses karena
didasari sikap amanah (komitmen). Insan Pelindo 3 selalu bersungguh-sungguh
dalam bekerja menjaga nilai-nilai etika, selalu produktif dalam setiap kegiatan
serta tuntas dalam bekerja.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar