Web 1.0: Internet sebelum
1999, para ahli menyebutnya era Read-Only. Peran pengguna internet rata-rata
hanya terbatas untuk membaca informasi yang disajikan kepadanya. Contoh terbaik
adalah jutaan situs web statis yang menjamur selama booming.com. Tidak ada
komunikasi aktif atau arus informasi dari konsumen informasi kepada produsen
informasi.
Web 2.0: Kurangnya
interaksi aktif pengguna umum dengan web mengarah pada kelahiran Web 2.0. Tahun
1999 menandai awal era Read-Write-Publish dengan kontribusi penting dari
LiveJournal (Diluncurkan pada April 1999) dan Blogger (Diluncurkan pada Agustus
1999). Sekarang bahkan pengguna non-teknis dapat secara aktif berinteraksi
& berkontribusi ke web menggunakan platform blog yang berbeda. Era ini
memberdayakan pengguna umum dengan beberapa konsep baru yaitu. Blog, Media
Sosial & Video-Streaming. Menerbitkan konten Anda hanya dengan beberapa
klik saja! Beberapa perkembangan luar biasa dari Web 2.0 adalah Twitter,
YouTube, eZineArticles, Flickr dan Facebook.
Web 3.0: Sepertinya kita
memiliki semua yang kita inginkan di Web 2.0, tetapi jauh di belakang ketika
menyangkut kecerdasan. Mungkin anak berusia enam tahun memiliki kemampuan
analitis yang lebih baik daripada teknologi pencarian yang ada! Pencarian
berbasis kata kunci dari web 2.0 menghasilkan informasi yang berlebihan.
Atribut berikut akan menjadi bagian dari Web 3.0:
·
Pencarian kontekstual
·
Dibuat khusus Cari
·
Pencarian Hasil Personalisasi
·
Evolusi Web 3D
·
Penalaran Deduktif
Meskipun Web belum melihat
sesuatu yang dapat disebut sebagai cukup cerdas tetapi upaya untuk mencapai
tujuan ini sudah dimulai. 2 minggu kembali Blog Google Resmi disebutkan tentang
bagaimana algoritma pencarian Google sekarang menjadi cerdas karena dapat
mengidentifikasi banyak sinonim.
Misalnya Foto & Foto
sekarang diperlakukan sama dalam artinya. Mulai sekarang dan seterusnya,
permintaan Anda, hasil rekayasa GM tidak akan mengarahkan Anda ke situs web GM
(General Motors). Mengapa? Penyebab, pertama dengan identifikasi sinonim Google
akan memahami bahwa GM dapat berarti General Motors atau Genetically Modified.
Kemudian dengan konteks yaitu dengan kata kunci memotong itu akan menyimpulkan
bahwa pengguna menginginkan informasi pada tanaman yang dimodifikasi secara
genetika dan tidak pada General Motors. Demikian pula, mobil GM tidak akan
membawa Anda ke tanaman yang dimodifikasi secara genetik. Cobalah sendiri untuk
memeriksa bagaimana kecerdasan buatan yang baru ditambahkan ini bekerja di
Google. Juga, ada banyak situs web yang dibangun di Web 3.0 yang
mempersonalisasikan pencarian Anda. Web memang semakin cerdas.
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.