Kamis, 10 Januari 2019

3.1.       Jelaskan & berikan contoh aplikasi yang digunakan untuk web 1.0, web 2.0 dan web 3.0


Web 1.0: Internet sebelum 1999, para ahli menyebutnya era Read-Only. Peran pengguna internet rata-rata hanya terbatas untuk membaca informasi yang disajikan kepadanya. Contoh terbaik adalah jutaan situs web statis yang menjamur selama booming.com. Tidak ada komunikasi aktif atau arus informasi dari konsumen informasi kepada produsen informasi.

Web 2.0: Kurangnya interaksi aktif pengguna umum dengan web mengarah pada kelahiran Web 2.0. Tahun 1999 menandai awal era Read-Write-Publish dengan kontribusi penting dari LiveJournal (Diluncurkan pada April 1999) dan Blogger (Diluncurkan pada Agustus 1999). Sekarang bahkan pengguna non-teknis dapat secara aktif berinteraksi & berkontribusi ke web menggunakan platform blog yang berbeda. Era ini memberdayakan pengguna umum dengan beberapa konsep baru yaitu. Blog, Media Sosial & Video-Streaming. Menerbitkan konten Anda hanya dengan beberapa klik saja! Beberapa perkembangan luar biasa dari Web 2.0 adalah Twitter, YouTube, eZineArticles, Flickr dan Facebook.

Web 3.0: Sepertinya kita memiliki semua yang kita inginkan di Web 2.0, tetapi jauh di belakang ketika menyangkut kecerdasan. Mungkin anak berusia enam tahun memiliki kemampuan analitis yang lebih baik daripada teknologi pencarian yang ada! Pencarian berbasis kata kunci dari web 2.0 menghasilkan informasi yang berlebihan. Atribut berikut akan menjadi bagian dari Web 3.0:

·         Pencarian kontekstual
·         Dibuat khusus Cari
·         Pencarian Hasil Personalisasi
·         Evolusi Web 3D
·         Penalaran Deduktif

Meskipun Web belum melihat sesuatu yang dapat disebut sebagai cukup cerdas tetapi upaya untuk mencapai tujuan ini sudah dimulai. 2 minggu kembali Blog Google Resmi disebutkan tentang bagaimana algoritma pencarian Google sekarang menjadi cerdas karena dapat mengidentifikasi banyak sinonim.

Misalnya Foto & Foto sekarang diperlakukan sama dalam artinya. Mulai sekarang dan seterusnya, permintaan Anda, hasil rekayasa GM tidak akan mengarahkan Anda ke situs web GM (General Motors). Mengapa? Penyebab, pertama dengan identifikasi sinonim Google akan memahami bahwa GM dapat berarti General Motors atau Genetically Modified. Kemudian dengan konteks yaitu dengan kata kunci memotong itu akan menyimpulkan bahwa pengguna menginginkan informasi pada tanaman yang dimodifikasi secara genetika dan tidak pada General Motors. Demikian pula, mobil GM tidak akan membawa Anda ke tanaman yang dimodifikasi secara genetik. Cobalah sendiri untuk memeriksa bagaimana kecerdasan buatan yang baru ditambahkan ini bekerja di Google. Juga, ada banyak situs web yang dibangun di Web 3.0 yang mempersonalisasikan pencarian Anda. Web memang semakin cerdas.

0 komentar:

Posting Komentar

:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.

Comments