Kamis, 10 Januari 2019

4.2 Bandingkan dan jelaskan Inovasi apa yang paling utama pada aplikasi transportasi online di Indonesia

Perbandingan Aplikasi Transportasi Online di Indonesia :

4.2.1 Pada Tarif :

- Grab 

  Tarif Grab lebih murah maupun Grab-bike, Grab-car.

- Gojek

  Tarif Gojek lebih mahal dibanding Grab maupun Gojek, Gocar atau yang lainnya

4.2.2 Pada Layanan :

- Grab

  Grab sudah memiliki 3 layanan utama yaitu transport, food, dan delivery.

- Gojek

  Dibandingkan Grab, Gojek memiliki lebih banyak layanan yaitu sekitar 17 layanan yang dimiliki Gojek, diantaranya : Go-Bluebird, Go-Food, Go-Send, Go-Pulsa, Go-Bill, Go-Shop, Go-Mart, Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Auto, Go-Med, Go-Busway.

4.2.3 Inovasi Utama :

- Grab 

  Inovasi Utama Grab yaitu pada GrabSejahtera. GrabSejahtera ini mencakup beberapa prinsip utama yaitu; pertama, berusaha mengurangi biaya operasional mitra pengemudi seperti potongan harga khusus untuk perawatan kendaraan, potongan harga untuk makan siang, cicilan ponsel cerdas, GrabChat, dan GrabBike Lounge.

  Kedua, Grab menyediakan Asuransi Kecelakaan Pribadi secara gratis dan program keamanan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan, untuk keluarga mitra pengemudi, Grab menyediakan fasilitas tabungan untuk pendidikan putra-putri mitra pengemudi, serta ada pula fasilitas tabungan untuk Umrah. 
  
  Ketiga, meningkatkan efisiensi kerja melalui teknologi. Dengan menggunakan fitur GrabNow dan Heat Map Grab mengklaim bahwa pihaknya dapat memberikan prediksi area dengan permintaan penumpang yang tinggi, sehingga mitra pengemudi dapat diarahkan ke area tersebut.
Keempat, Grab juga menyediakan bonus-bonus dan insentif yang menarik untuk mitra pengemudi dengan memberikan tingkat layanan yang tinggi. 

- Gojek
  
  Inovasi Utama Gojek yaitu memanjakan pelanggan. Secara resmi mereka memperkenalkan Go-Points, yang merupakan program loyalti pelanggan pengguna GO-PAY (layanan dompet elektronik Gojek). Melalui layanan baru tersebut, pelanggan mendapat poin dari setiap transaksi menggunakan dompet elektronik.

Poin tersebut nantinya dikumpulkan dan bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah. Mulai dari vocher layanan Gojek, gadget teranyar sampai British motorcycle. Pelanggan akan memainkan token dari setiap transaksi dengan dompet elektronik tersebut. Poin yang terkumpul itu nantinya bisa ditukar dengan berbagai macam hal. Nantinya reward akan semakin bervariasi. Setiap kali pelanggan memutar token, ada kesempatan mendapatkan poin 5 sampai 40. Dengan hal itu, pihak Gojek berharap GO-PAY yang telah digunakan lebih dari 50 persen penggunanya bisa semakin familiar.

0 komentar:

Posting Komentar

Comments