Minggu, 25 November 2018



    3.1.       Jelaskan & berikan contoh aplikasi yang digunakan untuk web 1.0, web 2.0 dan web 3.0


Web 1.0: Internet sebelum 1999, para ahli menyebutnya era Read-Only. Peran pengguna internet rata-rata hanya terbatas untuk membaca informasi yang disajikan kepadanya. Contoh terbaik adalah jutaan situs web statis yang menjamur selama booming.com. Tidak ada komunikasi aktif atau arus informasi dari konsumen informasi kepada produsen informasi.

Web 2.0: Kurangnya interaksi aktif pengguna umum dengan web mengarah pada kelahiran Web 2.0. Tahun 1999 menandai awal era Read-Write-Publish dengan kontribusi penting dari LiveJournal (Diluncurkan pada April 1999) dan Blogger (Diluncurkan pada Agustus 1999). Sekarang bahkan pengguna non-teknis dapat secara aktif berinteraksi & berkontribusi ke web menggunakan platform blog yang berbeda. Era ini memberdayakan pengguna umum dengan beberapa konsep baru yaitu. Blog, Media Sosial & Video-Streaming. Menerbitkan konten Anda hanya dengan beberapa klik saja! Beberapa perkembangan luar biasa dari Web 2.0 adalah Twitter, YouTube, eZineArticles, Flickr dan Facebook.

Web 3.0: Sepertinya kita memiliki semua yang kita inginkan di Web 2.0, tetapi jauh di belakang ketika menyangkut kecerdasan. Mungkin anak berusia enam tahun memiliki kemampuan analitis yang lebih baik daripada teknologi pencarian yang ada! Pencarian berbasis kata kunci dari web 2.0 menghasilkan informasi yang berlebihan. Atribut berikut akan menjadi bagian dari Web 3.0:

·         Pencarian kontekstual
·         Dibuat khusus Cari
·         Pencarian Hasil Personalisasi
·         Evolusi Web 3D
·         Penalaran Deduktif

Meskipun Web belum melihat sesuatu yang dapat disebut sebagai cukup cerdas tetapi upaya untuk mencapai tujuan ini sudah dimulai. 2 minggu kembali Blog Google Resmi disebutkan tentang bagaimana algoritma pencarian Google sekarang menjadi cerdas karena dapat mengidentifikasi banyak sinonim.

Misalnya Foto & Foto sekarang diperlakukan sama dalam artinya. Mulai sekarang dan seterusnya, permintaan Anda, hasil rekayasa GM tidak akan mengarahkan Anda ke situs web GM (General Motors). Mengapa? Penyebab, pertama dengan identifikasi sinonim Google akan memahami bahwa GM dapat berarti General Motors atau Genetically Modified. Kemudian dengan konteks yaitu dengan kata kunci memotong itu akan menyimpulkan bahwa pengguna menginginkan informasi pada tanaman yang dimodifikasi secara genetika dan tidak pada General Motors. Demikian pula, mobil GM tidak akan membawa Anda ke tanaman yang dimodifikasi secara genetik. Cobalah sendiri untuk memeriksa bagaimana kecerdasan buatan yang baru ditambahkan ini bekerja di Google. Juga, ada banyak situs web yang dibangun di Web 3.0 yang mempersonalisasikan pencarian Anda. Web memang semakin cerdas.

    3.2.       Jelaskan dan berikan contoh, apa yang anda ketahui tentang Virtual Reality dan Augmented Reality

-          Virtual Reality
Virtual reality terdiri dari dua kata yaitu virtual dan reality yang berarti maya dan realitas. Virtual reality adalah teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Dalam teknisnya, virtual reality digunakan untuk menggambarkan lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan oleh komputer dan dapat berinteraksi dengan seseorang.
Contoh teknologi virtual reality yang cukup sederhana adalah Google Cardboard karena dibuat menggunakan kertas. Google Cardboard ini belum begitu mempunyai banyak fungsi, tetapi dengan menggunakan Google Cardboard kita akan merasakan pengalaman virtual reality dengan cara menggabungkan smartphone yang memiliki sensor gyroscope dengan Google Cardboard.
-          Augmented Reality
augmented reality adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Berbeda dengan virtual reality yang menciptakan lingkungan 3D yang benar-benar buatan. Teknologi augmented reality menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata kemudian menambahkan informasi baru di atasnya.
Untuk perangkat augmented reality yang menyita perhatian adalah perangkat besutan Microsoft yang diberi nama Microsoft HoloLens. Perangkat ini berfokus pada penggabungan hologram tiga dimensi yang bersifat augmented reality dengan dunia nyata. Selain itu, Google Glass yang berbentuk kacamata yang dibuat oleh Google merupakan kacamata yang menggunakan teknologi augmented reality yang memiliki banyak fungsi.
     3.3.       Gambarkan dan beri penjelasan tentang siklus pengembangan system inovasi SI modern.

1. Tahap Perencanaan
Tahap ini merupakan suatu rangkaian kegiatan sejak ide pertama yang melatarbelakangi pelaksanaan pengembangan sistem tersebut dilontarkan. Dalam tahap perencanaan pengembangan sistem harus mendapatkan perhatian yang sama besarnya dengan merencanakan proyek-proyek besar lainnya, seperti perencanaan pengadaan perangkat jaringan teknologi informasi (TI), rencana membangun gedung kantor 15 tingkat.

2. Tahap Analisis
Ada dua aspek yang menjadi fokus tahap ini, yaitu aspek bisnis atau manajemen dan aspek teknologi. Analisis aspek bisnis mempelajari karakteristik organisasi yang bersangkutan. Tujuan dilakukannya langkah ini adalah untuk mengetahui posisi atau peranan teknologi informasi yang paling sesuai dan relevan di organisasi dan mempelajari fungsi-fungsi manajemen dan aspek-aspek bisnis terkait yang akan berpengaruh atau memiliki dampak tertentu terhadap proses desain, konstruksi, dan implementasi.

3. Tahap Perancangan (Desain)
Pada tahap ini, tim teknologi informasi bekerja sama dengan tim bisnis atau manajemen melakukan perancangan komponen-komponen sistem terkait. Tim teknologi informasi akan melakukan perancangan teknis dari teknologi informasi yang akan dibangun, seperti sistem basis data, jaringan komputer, teknik koversi data, metode migrasi sistem, dan sebagainya.
Sementara itu, secara paralel dan bersama-sama tim bisnis atau manajemen, dan tim teknologi informasi akan melakukan perancangan terhadap komponen-komponen organisasi yang terkait.

4. Tahap Pembangunan Fisik/Konstruksi
Berdasarkan desain yang telah dibuat, konstruksi atau pengembangan sistem yang sesungguhnya (secara fisik) dibangun. Tim teknis merupakan tulang punggung pelaksanaan tahap ini, mengingat semua hal yang bersifat konseptual harus diwujudkan dalam suatu konstruksi teknologi informasi dalam skala yang lebih detail. Dari semua tahapan yang ada, tahap konstruksi inilah yang biasanya paling banyak melihatkan sumber daya terbesar, terutama dalam hal penggunaan SDM, biaya, dan waktu. Pengendalian terhadap manajemen proyek pada tahap konstruksi harus diperketat agar penggunaan sumber daya dapat efektif dan efisien. Bagaimanapun, hal ini akan berdampak terhadap keberhasilan proyek sistem informasi yang diselesaikan secara tepat waktu. Akhir dari tahap konstruksi biasanya berupa uji coba atas sistem informasi yang baru dikembangkan.

5. Tahap Implementasi
Tahap implementasi merupakan tahap yang paling kritis karena untuk pertarna kalinya sistem informasi akan dipergunakan di dalam organisasi. Ada berbagai pendekatan untuk implementasi sistem yang baru didesain

6. Tahap Pasca Implementasi
Pengembangan sistem informasi biasanya diakhiri setelah tahap implementasi dilakukan. Namun, ada satu tahapan lagi yang harus dijaga dan diperhatikan oleh manajemen, yaitu tahap pasca implementasi. Kegiatan yang dilakukan di tahap pasca implementasi adalah bagaimana pemeliharaan sistem akan dikelola. Seperti halnya sumber daya yang lain, sistem informasi akan mengalami perkembangan di kemudian hari. Hal-hal seperti modifikasi sistem, berpedoman ke sistem lain, perubahan hak akses sistem, penanganan terhadap fasilitas pada sistem yang rusak, merupakan contoh dari kasus-kasus yang biasanya timbul dalam pemeliharaan sistem. Disinilah diperlukan dokumentasi yang memadai dan pemindahan pengetahuan dari pihak penyusun sistem ke pengguna untuk menjamin terkelolanya dengan baik proses-proses pemeliharaan sistem. Dari perspektif manajemen, tahap pasca-implementasi adalah berupa suatu aktivitas di mana harus ada personil atau divisi yang dapat melakukan perubahan atau modifikasi terhadap sistem informasi sejalan dengan perubahan kebutuhan bisnis yang dinamis.




Src :

0 komentar:

Posting Komentar

Comments